Home » , , , » Lima Hobi yang Terbukti Meningkatkan Kecerdasan

Lima Hobi yang Terbukti Meningkatkan Kecerdasan

Posted by Minta Informasi on Saturday, 27 February 2016


Menurut penelitian, Kita bisa meningkatkan kecerdasan kita secara signifikan dengan mencoba salah satu (atau semuanya) dari lima hobi sederhana ini.


1) "Berolahraga (berkeringat) secara teratur."



Bangkitlah dari kursi kantormu pada jam istirahat makan siang dan lakukan lari-lari kecil. Berolahraga adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk meningkatkan kecerdasanmu. Melakukan pekerjaan di pagi hari dan berolahraga kecil saat istirahat makan siang merupakan kegiatan yang "meningkatkan memori pengenalan obyek baru dan kemampuan membedakan benda lama yang telah kita miliki sebelumnya". 



Kamu juga dapat meningkatkan memori jangka panjangmu jika kamu berolahraga lebih sering lagi. "Melepaskan fungsi neurotropik (BDNF) di otak yakni protein terkait untuk meningkatkan kemampuan kognitif kita seperti memori jangka panjang." (Dartmouth College, 2009)



Jadi cobalah berkeringat sesering mungkin untuk meningkatkan kekuatan otakmu !



2) "Memainkan alat musik."



Mengambil gitar dan memetik beberapa nada setelah makan malam setiap harinya adalah cara yang juga dapat meningkatkan kecerdasanmu tanpa harus kembali ke kantor. Memainkan alat musik adalah kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan kognitif dan prestasi akademikmu dengan cara mendorong pengembangan fungsi-fungsi khusus di dalam otak.



"Anak-anak yang mampu bermain alat musik terbukti dapat meningkatkan kinerja mereka dalam kemampuan lisan (berbicara) dan kecepatan berpikir" (Rumah Sakit Anak Boston, 2014).

3) "Bermain game."



Menghabiskan sedikit waktu untuk bermain game di komputer atau di smartphone anda membantu untuk "mengembangkan sistem-sistem di dalam otak yang bertugas memproses informasi baru dan yang sudah disimpan" (Leiden University, 2012). Ketika kamu berburu monster atau mencoba menyelesaikan beberapa quest di dalam game, kamu sedang meningkatkan kekuatan otakmu. 



"Meningkatkan navigasi spasial, perencanaan strategis dan kinerja motor otak kita. 30 menit bermain game tiap harinya secara signifikan dapat meningkatkan fungsi abu-abu di otak" (Charite, 2013).



4) "Belajar bahasa asing."



Belajar bahasa asing adalah kegiatan yang selain memiliki manfaat jelas, juga dapat membantu pengembangan otakmu. Bahkan jika kamu tidak bisa menjadi fasih, tetap saja otakmu telah belajar tentang pemahaman kosa kata dalam bahasa. "Kemampuan berbicara dalam beberapa bahasa dapat meningkatkan fungsi khusus otak - yang secara mental dapat menuntutmu untuk terus belajar agar lebih baik." 



Hebatnya lagi jika kamu mampu berbicara bahasa asing dengan fasih, kamu telah meningkatkan kemampuan otakmu dengan skala pengembangan yang luar biasa. "Seseorang yang #bilingual punya kemampuan baik dalam memecahkan teka-teki, perencanaan, dan manajemen tugas karena perhatian yang lebih terfokus dan kemampuan melakukan pekerjaan satu persatu di otak (task switching)." (Cerebrum, 2012)


                    baca juga cara mengatasi stress


5) "Membaca."



Kadang-kadang lebih baik membaca sebuah buku daripada menghabiskan waktu kita untuk menonton televisi. "Membaca dengan rutin setiap harinya terbukti membantu meningkatkan kemampuan korteks temporal kiri dari otak secara signifikan. Yakni bagian otak yang terkait dengan penerimaan bahasa"

sumber : kaskus

Thanks for reading & sharing Minta Informasi

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Mari Berteman di Facebook

Follow Twitter Kami

Blog Archive