Home » » Menanam Strawberry di depan Rumah

Menanam Strawberry di depan Rumah

Posted by Minta Informasi on Thursday 23 February 2017

Menanam Strawberry dilahan sempit, pekarangan depan rumah.

mintainformasi.blogspot.com
buah strawberry

Siapa yang tidak kenal strawberry, tanaman yang menghasilkan buah-buah nan cantik dengan cita rasa yang nikmat dan menyegarkan. Strawberry juga buah yang cukup populer di Indonesia. karena, budidaya tanaman strawberry sudah dilakukan oleh para petani sejak dulu dan strawberry termasuk buah yang disukai banyak orang juga.

Banyak kegunaan dan manfaat yang didapatkan dari buah Strawberry, dari segi kesehatan maupun maupun dari segi kecantikan.
mintainformasi.blogspot.com
strawberry

(Idealnya) SYARAT TUMBUH STRAWBERRY
  • Hasil maksimal akan diperoleh apabila ditanam pada dataran tinggi 1.000 – 1.500 meter dari permukaan laut.
  • Strawberry tidak bisa tumbuh dengan baik jika curah hujan datang setiap hari.
  • Strawberry akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah dengan warna dan rasa yang sempurna pada daerah dengan curah hujan 600 – 700 mm per tahun.
  • Buah stroberi termasuk tanaman subtropis yang bisa tumbuh di Indonesia dengan baik. Akan tetapi, dirinya hanya lebih mudah untuk beradaptasi pada dataran tinggi dengan temperatur suhu 17 – 20 derajat celcius.
  • Pertumbuhan strawberry akan berlangsung dengan baik setelah mendapatkan sinar matahari selama 8 – 10 jam setiap harinya.
  • Tingkat kelembaban udara yang menstimulus pertumbuhan strawberry antara 70 – 80%.
  • Dari segi tanah, Tingkat keasaman atau pH tanah yang ideal adalah 6,5 – 7,0.
  • Segi Media tanam untuk tabulampot harus mempunyai sifat poros, mudah menelan air, dan ketersediaan unsur hara selalu ada.

mintainformasi.blogspot.com
Strawberry Polybag

MENANAM STRAWBERRY DALAM POLYBAG
  • Bibit strawberry bisa didapat dari toko tanaman atau Anda bisa melakukan pembibitan sendiri secara vegetatif dengan mengambil bagian batang tanaman sebagai cikal bakal tanaman baru.
  • Setelah bibit tersedia, siapkan juga polybag dan media pengisinya. Media pengisi dibuat dari susunan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan masing-masing 1:1.
  • Campuran media tanam langsung dimasukkan ke dalam polybag, pot, atau karung yang Anda jadikan wadah tampung tanaman, lalu tanam bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya.
  • Siram bibit tersebut setiap pagi dan sore setiap hari, agar bibit strawberry cepat tumbuh.


PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN

Pastikan bahwa Anda memelihara kelembaban media tanam, jangan sampai tanah kering, intinya jangan lupa untuk menyiram setiap hari, pagi dan sore.
Apabila tanaman strawberry ada yang mengalami gangguan pertumbuhan, tidak tumbuh sempurna, rusak, dan bahkan mati, ganti tanaman yang mati dengan bibit baru pada polybag yang sama. Perhatikan keberadaan hama. Jika terlihat ada hama yang menempel pada tanaman, langsung dibuang. Atau bisa juga menyemprotkan pestisida yang dianjurkan untuk tanaman strawberry. Usahakan agar strawberry tidak diganggu oleh burung merpati atau burung-burung lain.
Pohon strawberry yang sedang ditanam setelah memasuki usia 2 bulan harus diberikan pupuk kemampuan tumbuhnya bisa bertahan dengan baik. Gunakan pupuk organik dengan dosis yang ditetapkan. 
Pemotongan. maksudnya memotong tunas/ batang muda ketika ada batang atau tunas yang tumbuh berlebihan. di samping tanaman pada masing-masing pohon. Selanjutnya tunas tersebut bisa ditanam lagi sebagai bibit vegetatif atau dibuang.

AGAR STRAWBERRY CEPAT BERBUAH

Agar tanaman strawberry yang sedang Anda tanam di polybag lebih cepat berbuah, selain melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin, Anda juga perlu melakukan kegiatan yang dinamakan penggemburan dan penyiangan.

Penggemburan dan Penyiangan, merupakan kegiatan yang termasuk penting. kegiatan ini dinilai dan bahkan diyakini oleh banyak pekebun sebagai faktor penyumbang terbesar dalam suksesnya kegiatan pertanian di seluruh dunia.

Penggemburan disini yaitu menggemburkan lahan dengan cara dicangkul kecil-kecil secara hati-hati, jangan sampai melukai akar tanaman. Sementara penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput-rumput lihar pada tanah dengan tujuan untuk menjaga lahan atau media tanam selalu bersih sehingga terbebas dari pertumbuhan jamur, penyakit.

PEMANENAN

Setelah berumur 2 bulan, bahkan kurang, strawberry sudah berbuah bahkan ada yang sudah memasuki masa panen. Semuanya bergantung dengan perawatannya. Tanaman strawberry yang sudah bisa diambil buahnya memiliki ciri-ciri umum seperti daging buah kenyal dan empuk saat dipegang. Jika digigit mempunyai rasa yang sedikit asam. Kulit buahnya sudah berwarna merah mudah atau merah tua disertai warna tangkai yang agak cokelat kekuningan.

mintainformasi.blogspot.com

mintainformasi.blogspot.com

mintainformasi.blogspot.com

Selamat mencoba,, :)

Thanks for reading & sharing Minta Informasi

Previous
« Prev Post

3 comments:

  1. Thanks kak, sudah share artikel menanam pohon strawberry
    Baca juga :

    Dompet wanita




    Tas Ransel wanita




    Tas Selempang Wanita

    ReplyDelete
  2. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete
  3. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete

Mari Berteman di Facebook

Follow Twitter Kami